-->

Manfaat Memiliki Hobi

DicatNews - Bila ditanya mengenai hobi, mungkin Anda menjawab tidak ada waktu untuk hobi. Banyaknya pekerjaan dan aktivitas lain menyebabkan Anda tidak memiliki waktu luang untuk sekadar melakukan apa yang Anda sukai.

Padahal banyak manfaat dari melakukan hobi. 

1. Efektivitas waktu
Menurut Hukum Parkinson, Anda akan menyelesaikan suatu pekerjaan sesuai dengan ketersediaan waktu. Misalnya, jika tersedia waktu dua jam untuk menyelesaikan suatu tugas, Anda cenderung menyelesaikan tugas tersebut dalam waktu dua jam. Namun, bila memiliki hobi yang harus dikerjakan setelah tugas tersebut selesai, kita cenderung mampu menyelesaikan tugas tersebut kurang dari waktu yang tersedia. Dapat dikatakan, hobi mendorong efisiensi waktu.

2. Membuat lebih aktif
Anda mungkin terbiasa menghabiskan waktu dengan melakukan kegiatan pasif, seperti menonton TV atau menjelajah di Internet. Cobalah melakukan aktivitas yang membuat Anda lebih aktif, seperti melakukan olahraga yang disukai. Waktu akan terasa lebih cepat berlalu saat mengerjakan hobi.


3. Meningkatkan jaringan sosial
Menurut beberapa penelitian, salah satu kunci kebahagiaan adalah memiliki hubungan sosial yang baik. Mengerjakan hobi memungkinkan Anda bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki ketertarikan yang sama. Orang-orang tersebut akhirnya akan menjadi jaringan sosial baru Anda.

4. Memperkaya identitas
Hobi akan menjadi bagian dari identitas. Anda dapat membagi pengalaman dan pengetahuan tentang hobi yang dimiliki kepada orang lain. Tidak hanya kita yang semakin bersemangat dengan hobi yang dijalani, orang lain yang mendengarnya juga akan merasakan hal sama.

5. Membantu mengatasi stres
Ketika mengalami kegagalan atau baru saja mengalami hari yang buruk, kita bisa sejenak melupakannya dengan melakukan hobi. Hobi juga bisa menjadi "pengingat" untuk tidak terlarut dalam kegagalan tersebut bahwa masih ada aktivitas lain yang akan membuat kita merasa lebih baik.

0 Response to "Manfaat Memiliki Hobi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel