-->

Cara mengkilapkan batu Akik yang benar


DicatNews - Jenis batu akik menentukan cara terbaik menjaganya tetap berkilau dan awet. Ketahui sifat berbagai jenis batu akik dan cara perawatan masing-masing di sini.

Cincin batu akik cenderung mudah menjadi kotor, terutama jika dikenakan setiap hari, karena debu berkumpul di celah-celah antara batu akik dan cincin. Selain debu, timbunan keringat dan kelembapan udara meninggalkan lapisan pada batu akik sehingga menjadikannya tampak kusam. Cara mengkilatkan batu cincin tidak bisa dipisahkan dari proses membersihkan dan mencucinya secara benar supaya tidak merusak penampilan batu tersebut.

Berbeda dari batu permata—seperti berlian, rubi, dan safir—yang terbentuk akibat proses pengkristalan mineral tunggal, batu akik pada dasarnya merupakan batuan biasa, bukan kristal murni. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan Anda memahami sifat batuan yang lebih mudah disusupi air daripada kristal.

Batu akik tembus cahaya cenderung lebih keras sehingga lebih aman dicuci dalam larutan sabun cuci piring cair lembut, seperti Sunlight Clean & Soft. Sedangkan batu akik tidak tembus cahaya cukup diseka dengan tisu basah bebas pewangi.
Cara merawat batu akik supaya mengkilap
Batu akik tembus cahaya—seperti sebagian bacan, kecubung (amethyst), merah delima, topaz, kalsedon, sungai dareh, lavender—lebih aman dicuci dengan air karena lebih padat. Sedangkan batu akik yang tidak tembus cahaya—semisal onyx, kalimaya (opal), pirus, macan, giok—lebih berpori sehingga lebih sensitif terhadap air.

Cara mencuci batu akik tembus cahaya:

  • Jika Anda mencuci batu akik di dalam atau di dekat wastafel, pastikan Anda menutup atau memasang filter lubang saluran pembuangannya agar batu akik Anda tidak jatuh ke dalamnya.
  • Larutkan satu sendok teh sabun cuci piring cair lembut, seperti Sunlight Clean & Soft, ke dalam mangkuk kecil berisi air biasa. Tidak semua batu akik tahan terhadap air panas, jadi lebih aman memakai air biasa.
  • Masukkan batu akik ke dalam larutan tersebut dan rendam selama maksimal 3 menit.
  • Tetap di dalam larutan sabun, gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menggosok batu akik dan menyingkirkan debu di celah-celah sempit di belakangnya.
  • Angkat batu akik dan bilas dengan air bersih.
  • Usap batu akik dengan kain mikrofiber untuk menyerap air yang masih menempel, lalu angin-anginkan untuk mengeringkannya.

Cara membersihkan batu akik tidak tembus cahaya:

  1. Anda tidak disarankan mencuci, apalagi merendam jenis-jenis batu akik tak tembus cahaya, karena air atau sabun berisiko menyusup melalui pori-porinya dan mengubah warnanya.
  2. Gunakan tisu basah tanpa pewangi atau kain mikrofiber lembap untuk menyeka batu akik.
  3. Untuk menjangkau debu di celah-celah belakang batu akik, pakai sikat gigi berbulu halus yang telah dibasahi. Kibaskan sikat gigi sebelum digosokkan pada batu akik.
  4. Seka ulang seluruh permukaan batu akik seperti langkah ke-2.
  5. Keringkan dengan kain mikrofiber kering, lalu angin-anginkan.

Selain cara mengkilapkan batu akik, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini yang berlaku untuk kedua kelompok batu akik agar tidak terkikis dan kehilangan kilaunya:

  • Anda tidak dianjurkan menjemur batu akik di bawah terik sinar matahari untuk mengeringkannya. Jauhkan dari sumber panas lain.
  • Hindarkan batu akik dari parfum, hairspray, pemutih kain, dan bahan-bahan kimia.
  • Lepas cincin batu akik sebelum mengerjakan pekerjaan yang melibatkan bahan-bahan kimia dan sebelum masuk ruang sauna atau ruang mandi uap.
  • Cara menggosok batu cincin

Ketika mencuci atau membersihkan batu akik dengan metode-metode di atas, Anda sebenarnya sekaligus menggosoknya untuk mengembalikan kilau batu akik. Jika Anda memiliki waktu lebih untuk memolesnya, manfaatkan salah satu lembaran berikut ini:

  • Daun pisang kering
  • Bahan kulit, seperti ikat pinggang kulit, sepatu kulit, dan tas kulit
  • Kertas aluminium
  • Ampelas paling halus
  • Gosokkan batu akik pada lembaran yang Anda pilih dalam gerakan kanan-kiri, bukan melingkar atau acak. Jika Anda ragu-ragu dan tidak ingin menggores batu akik Anda, percayakan pada jasa pemoles batu akik.

0 Response to "Cara mengkilapkan batu Akik yang benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel