-->

Kenapa Harus Punya Hobi ?

DicatNews - Harga barang-barang kebutuhan di zaman sekarang serba mahal. Tak ayal, mayoritas lifesyle yang menjangkiti setiap manusia adalah produktivitas dan selalu berakhir dengan pertanyaan “Berapa banyak uang yang bisa saya hasilkan?”

Bahkan saking sibuknya hingga ada orang yang tidak punya hobi. Padahal hobi merupakan kegiatan yang sangat penting agar kita bisa bersenang-senang dan beristirahat sejenak dari rutinitas yang menjemukan.

Apa itu hobi?

Menurut KBBI hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Artinya, hobi adalah kegiatan istimewa yang bisa Anda lakukan di waktu luang dan membuat Anda merasa gembira.

Ada bermacam-macam hobi manusia seperti membaca buku, menulis, melukis, mengoleksi benda-benda tertentu, atau berkebun. Setindaknya Anda harus punya sebuah hobi agar kehidupan Anda berjalan seimbang dan lebih bahagia.

Berikut adalah alasan pentingnya punya hobi :

1. Melepaskan Stres


Pikiran manusia mudah stres jika terus-menerus memaksakan diri melakukan must to do list setiap hari. Bukannya tidak penting, malah itu suatu keharusan karena dengan disiplin kita akan meraih semua pencapaian yang kita inginkan dalam hidup.

Masalahnya tubuh Anda punya batas. Bekerja terlalu keras bisa menyebabkan sakit dan perasaan tertekan. Oleh karena itu, saat saya merasa sudah pada batas maksimal, saya memberi hadiah kepada diri sendiri untuk dapat melakukan hobi yang saya sukai.

Hobi melepaskan stres. Untuk sesaat saya merasa waktu berlalu begitu cepat dan otak saya menjadi kembali segar sehingga mampu bekerja pada kondisi terbaik.

2. Menambah Jaringan Pertemanan


Tidak dapat dipungkiri, salah satu kunci kebahagiaan adalah memiliki hubungan sosial yang baik. Dan memiliki hobi akan memudahkan Anda untuk berhubungan dengan orang-orang baru dengan hobi yang sama.

Misalnya saya yang notabenenya hobi menulis dan rutin memublikasikan tulisan di blog. Kegiatan menulis di blog membuat saya berkenalan dengan berbagai macam manusia dari berbagai penjuru dunia.

Berawal dari saling berkomentar, saya merasa memiliki teman seperjuangan yang sama-sama suka menulis. Terkadang saya pun mendapat hadiah dari teman-teman baru. Bahkan saya pernah berkolaborasi dengan penulis lain dan menghasilkan cerbung Cinta Sejati.

Ingatlah satu hal : Bisnis apapun akan berjalan dengan baik jika punya banyak jaringan. Siapa tahu di masa depan saya memiliki project-project baru dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Saat itu terjadi, kandidat terbaik adalah teman-teman yang sudah saya kenal dengan baik agar mampu bekerja sama dengan baik.

3. Menghasilkan Uang

Walaupun bukan sebuah kesengajaan, ternyata hobi menulis yang saya tekuni membuat saya mampu menghasilkan uang. Meski hasilnya tidak seberapa, tetapi ada kepuasan tersendiri seolah orang lain mengakui tulisan-tulisan saya.

Sejak pertama kali mendapatkan uang dari hobi menulis, akhirnya saya pun dapat berbagai penawaran untuk menulis konten-konten berkualitas. Dan akhirnya saya pun menasbihkan diri sebagai penulis artikel freelance.

Apapun hobi Anda, selama Anda benar-benar melakukannya dengan cinta, saya yakin akan terbuka jalan bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari hobi yang Anda tekuni. Kalau pun tidak mendapatkannya, hati Anda pun tetap senang. Jadi, tidak ada salahnya menekuni hobi dengan serius.

4. Belajar Mengatur Waktu dengan Lebih Baik Lagi


Orang-Orang mungkin selalu bingung dengan bagaimana saya menghabiskan waktu 24 jam. Saya pulang kerja pukul 6 sore, masih sempat menulis buku, lalu menjalankan hobi berkebun, juga masih sempat membaca buku-buku setiap hari. Juga menulis untuk blog Shiq4. Anda tahu rahasianya? Belajar memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Begitu bangun tidur, saya mandi dan langsung menulis sebuah artikel untuk blog. Kemudian saya berangkat kerja. Saya melakukan hobi membaca buku sambil berjualan di pasar, ketika sudah tidak ada lagi pembeli, saya membaca buku. Lalu setelah pulang kerja, saya menyelesaikan project menulis buku. Sedangkan berkebun, saya mampu melakukannya dengan bantuan ibu saya.

Dengan segala rutinitas tersebut, saya bahkan masih cukup banyak waktu untuk bermain game atau menonton TV di malam hari. Saya bahkan meyakini bahwa saya masih dapat mengefisiensikan waktu 24 jam yang saya miliki untuk melakukan lebih banyak kegiatan.

Memiliki hobi akan membuat Anda menjadi lebih efisien dalam mengatur waktu. Meski di masa awal Anda akan mengalami beberapa kendala untuk melakukannya. Namun jika sudah terbiasa, Anda akan menjadi manusia yang lebih produktif lagi.

5. Membuat Pikiran Lebih Kreatif


Sejujurnya saja, saya sangat serius untuk menjadi penulis dan pembaca yang lebih baik. Dan itu mendorong saya untuk membaca tutorial dari orang lain agar saya mampu melakukan dengan lebih baik lagi. Tak jarang juga saya melakukan eksperimen sendiri untuk mendapatkan hasil seperti yang saya inginkan.

Hal-hal semacam itu membuat pikiran saya menjadi lebih kreatif dalam menjalankan hobi untuk menemukan satu-satunya cara terbaik. Dan tentu saja, jika saya terus berpikir kreatif setiap hari, maka kreatifitas dan kecerdasan otak saya menjadi lebih baik lagi.

6. Membuat Menjadi Pribadi yang Lebih Menarik


Hobi juga bisa menjadi identitas atau menjadi personal branding ketika berhubungan dengan orang lain.

Hobi tersebut merupakan identitas yang ingin dibangun. Jika orang ingin tahu buku apa yang bagus, maka mereka akan ingat saya. Jika mereka ingin belajar menulis, maka mereka minta saran dari kita.


7. Hobi Menyehatkan Tubuh

Menurut Positively Present, penelitian menemukan bahwa terlibat dalam kegiatan menyenangkan dikaitkan dengan tekanan darah, jumlah kortisol, lingkar pinggang, dan indeks massa yang lebih rendah. Juga tingkat depresi yang lebih rendah.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memiliki hobi. Bagi Anda yang belum punya hobi, sebaiknya mulai berpikir tentang kegiatan apa yang paling membuat Anda bersemangat ketika melakukannya dan kemudian menjadikannya sebuah hobi.


0 Response to "Kenapa Harus Punya Hobi ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel